5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Yordania

5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Yordania

Terletak di Timur Tengah, Yordania adalah kaleidoskop budaya yang kaya, sejarah kuno, dan keajaiban alam yang menakjubkan. Dari Kota Mawar Petra yang menakjubkan hingga perairan terapeutik yang tenang di Laut Mati, berikut adalah 5 alasan mengapa Jordan harus Anda kunjungi.

1. Petra

Sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia yang bergengsi, kota Petra Nabatean kuno benar-benar harus dikunjungi. Hilang dari dunia sampai ditemukan kembali pada tahun 1812 oleh Johann Ludwig Burckhardt, kota ini diakses oleh ngarai sempit yang dikenal sebagai “Siq”. Jalan ini mengarah ke Al-Khazneh, Departemen Keuangan. Mungkin situs Petra yang paling ikonik, tengara luar biasa ini telah menemukan ketenaran di dunia film, termasuk sebagai latar klimaks Indiana Jones dan Perang Salib Terakhir dan Malam Arab.

Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah pada malam hari pada hari Rabu dan Kamis, ketika seluruh kota diterangi oleh ribuan lilin. Bayangan menari saat Anda berjalan menyusuri Siq, dan tanah terbuka di depan Perbendaharaan dipenuhi dengan penduduk setempat yang minum teh manis dan memainkan musik tradisional Badui.

2. Wadi Rum

Referensi budaya populer berlanjut di Wadi Rum, latar planet merah Mars dalam film blockbuster The Martian. Terkenal dengan lanskap bulan merahnya, gurun Wadi Rum membentang seluas 280 mil persegi.

Safari jip 4X4 adalah cara terbaik untuk menjelajahi bukit pasir dan menikmati beberapa formasi bebatuan mengesankan yang terkenal di daerah tersebut. Jauh dari cahaya terang kota, ini adalah tempat yang sempurna untuk melihat bintang.

3. Laut Mati

Dibagi antara Yordania dan Israel, Laut Mati terkenal karena berbagai alasan, tetapi terutama karena daya apungnya. Kandungan garam yang tinggi di air berarti tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan secara permanen di sana, kecuali beberapa organisme mikroskopis. Ini juga berarti tidak mungkin tenggelam ke dasar! Foto-foto orang yang sedang membaca koran atau menggunakan smartphone dengan aman di tengah laut mudah ditemukan di internet. Dan tidak ada gunanya mencoba berenang.

Pelampung santai adalah cara untuk melepas lelah di Laut Mati. Airnya yang kaya mineral sangat bagus untuk kulit, seperti lumpur Laut Mati yang terkenal yang banyak beredar.

4. Meteor

Kami telah membahas keajaiban Wadi Rum dan potensi untuk mengamati bintang. Tetapi jika Anda bepergian ke sana antara pertengahan Juli dan Agustus, bersiaplah untuk perjalanan yang menyenangkan.

Hujan Meteor Perseids terjadi setiap tahun, dan gurun gelap Wadi Rum adalah tempat yang tepat untuk berbaring dan menyaksikan semburat cahaya terang melintas di langit. Pada puncaknya, Anda cenderung melihat meteor setiap menit.

5. Tanah Perjanjian

Meskipun tidak sesak dengan pemandangan alkitabiah seperti negara tetangga Israel, Yordania menawarkan banyak tempat wisata religius kuno dari agama Kristen dan sekitarnya. Dari puncak Gunung Nebo, para pelancong dapat memandang ke tanah yang sama dengan yang pertama kali dilihat Musa setibanya di Tanah Perjanjian. Dan Mata Air Panas Ma’in diyakini sebagai tempat pembaptisan Yesus Kristus. Sementara itu di Madaba, peta mosaik Tanah Perjanjian yang terkenal di Gereja St George benar-benar luar biasa seperti yang mungkin pernah Anda dengar. Jika situs keagamaan adalah kesukaan Anda, mengapa tidak menggabungkan Yordania dan Israel untuk perjalanan alkitabiah ke tempat kelahiran agama Kristen.