Melayu Square dan Rimba Jaya Night Market, Tanjung Pinang

Foto: Capten Gomank/Google Maps https://maps.google.com/maps/contrib/116915281872664074919

Jelajahi berabagai destinasi wisata kuliner di Indonesia yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman healing yang menenangkan jiwa.

Indonesia, dengan keragaman budaya dan kekayaan alamnya, menawarkan berbagai destinasi wisata kuliner yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman “healing” yang menenangkan jiwa.

Menikmati kuliner khas di tempat asalnya dapat memberikan sensasi tersendiri yang sulit dilupakan.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas berbagai destinasi wisata kuliner di Indonesia yang tidak hanya lezat, tetapi juga cocok untuk Anda yang mencari ketenangan dan pemulihan diri dari rutinitas sehari-hari.

Rekomendasi Wisata Kuliner yang Cocok untuk Healing di Indonesia

Indonesia, yang dikenal dengan kekayaan budayanya, juga terkenal memiliki beragam kuliner khas yang menarik dari berbagai daerah. Setiap wilayah menawarkan makanan khasnya dengan cita rasa yang unik dan khas, berikut diantaranya:

1. Jimbaran Bali

Jimbaran Bali
Foto: Agus Santoso/Pixabay

Jimbaran adalah salah satu destinasi wisata favorit di Bali, terkenal dengan restoran-restoran yang menawarkan hidangan laut segar. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai macam seafood sambil duduk santai menikmati sunset yang memukau di tepi pantai.

Selain hidangan laut, Bali juga terkenal dengan kuliner khas lainnya seperti sate lilit, nasi jinggo, laklak, dan lawar, yang semuanya menawarkan keunikan rasa khas pulau dewata ini.

2. Pantai Losari Makassar

Pantai Losari Makassar
Foto: Supri Yatno/Google Maps

Makassar, kota yang terletak di Sulawesi Selatan, juga kaya akan kuliner tradisional yang menggugah selera.

Pantai Losari adalah tempat yang sempurna untuk menikmati hidangan khas Makassar seperti pisang epe, sebuah hidangan yang terbuat dari pisang kepok bakar yang disiram dengan saus gula merah.

Di samping itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi coto Makassar asli, sebuah sup daging yang kaya rempah, disajikan dengan ketupat dan menawarkan cita rasa yang khas dan menggoda.

Pantai Losari tidak hanya menawarkan pemandangan laut yang indah tetapi juga menjadi pusat berkumpulnya berbagai kuliner khas Makassar yang memanjakan lidah.

3. Pecenongan DKI Jakarta

Pecenongan DKI Jakarta
Foto: Nofiandi Andi/Google Maps

Pecenongan adalah ikon wisata kuliner legendaris di Jakarta yang telah ada sejak tahun 1970. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis kuliner lezat dan legendaris seperti Bubur Kwang Tung yang menyajikan bubur kepiting dan ayam Hainan, berbagai hidangan seafood yang lezat, hingga martabak Pecenongan yang terkenal.

Baca Juga:  Makanan Tradisional Khas Aceh yang Terenak

4. Cibadak dan Braga Bandung

Cibadak dan Braga Bandung
Foto: Vivera Siregar/Google Maps

Bandung terkenal sebagai kota yang kaya akan pilihan wisata kuliner yang menggugah selera. Di Jalan Cibadak, Anda dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Bandung seperti soto, bakso ikan goreng, bakso tahu, siomay, dan berbagai jajanan dari tepung tapioka yang dikenal dengan nama aci (cimol, cireng, cilor, dan lain-lain).

Sementara di Jalan Braga, terdapat berbagai restoran dan kafe dengan nuansa dari klasik hingga modern yang menjadi tempat ideal bagi para wisatawan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman dan menikmati pengalaman kuliner yang memuaskan.

5. Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo Yogyakarta
Foto: まゆみIjk/X

Pasar Beringharjo dikenal sebagai pusat kuliner terjangkau di Yogyakarta, terletak strategis di dekat kawasan Malioboro. Di sini, Anda bisa menikmati beragam pilihan makanan khas seperti nasi pecel, gudeg, angkringan, dan gado-gado.

Salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan adalah lumpia Samijaya, yang merupakan salah satu hidangan legendaris Yogyakarta.

Ketika berkunjung ke kota budaya ini, pastikan juga untuk mencicipi sate klatak dan wedang, yang juga merupakan bagian dari warisan kuliner Yogyakarta yang kaya.

6. Jalan Sabang Jakarta

Jalan Sabang Jakarta
Foto: Txr Dari Jakarta/X

Jalan Sabang merupakan salah satu destinasi wisata kuliner favorit di Jakarta, yang terletak di pusat kota. Karena lokasinya yang strategis, Jalan Sabang selalu ramai dan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan mulai dari sate ayam, seafood, hingga bakmi yang akan memuaskan rasa lapar Anda. Ragam pilihan kuliner ini siap menggugah selera dan memanjakan perut Anda.

Jalan Sabang menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang bingung mau makan apa atau sedang berkunjung ke Jakarta.

7. Galabo Solo

Galabo Solo
Foto: Ruid Hiu/Google Maps

Solo, yang dikenal dengan julukan “The Spirit of Java,” sangat kental dengan budaya dan tradisi Jawa. Tidak hanya kaya akan budaya, Solo juga menawarkan berbagai pilihan kuliner otentik yang lezat.

Salah satu tempat kuliner yang terkenal di Solo adalah Galabo, yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo. Di Galabo, Anda dapat menikmati berbagai hidangan khas seperti sate kere, tengkleng, rawon, dan masih banyak lagi. Galabo adalah destinasi yang sempurna bagi penggemar kuliner untuk merasakan keaslian rasa Solo.

Baca Juga:  5 Tempat Makan Paling Populer di Cartagena, Kolombia

8. Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang
Foto: Lukmanul Hakim/Google Maps

Simpang Lima di Semarang juga merupakan destinasi wisata kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan kuliner yang menarik mulai dari tahu petis, lumpia, nasi ayam, hingga berbagai hidangan seafood yang legendaris.

Simpang Lima menawarkan keberagaman kuliner yang membuat siapa pun tergoda untuk mencicipi. Tidak hanya itu, ketersediaan tempat makan yang beragam di kawasan ini membuat Simpang Lima menjadi salah satu pusat kuliner yang paling ramai di Semarang.

9. Melayu Square dan Rimba Jaya Night Market, Tanjung Pinang

Melayu Square dan Rimba Jaya Night Market, Tanjung Pinang
Foto: Capten Gomank/Google Maps

Beranjak sedikit ke arah Tanjung Pinang, Anda akan menemukan beberapa destinasi kuliner yang menarik, di antaranya Melayu Square dan Rimba Jaya Night Market.

Di kedua tempat ini, Anda akan bertemu dengan berbagai macam makanan khas yang akan menggoda selera dan membuat perut Anda keroncongan!

10. Pasar Lama Tangerang

Pasar Lama Tangerang
Foto: Ardiyanta Ahmad/Google Maps

Bergerak ke Tangerang, terdapat Pasar Lama, sebuah destinasi wisata kuliner yang telah populer sejak lama.

Di Pasar Lama, Anda tidak hanya akan menemukan makanan berat seperti ketoprak atau nasi goreng, tetapi juga berbagai jenis jajanan, dari sempol ayam hingga jajanan ala Jepang dan Korea, serta minuman yang beraneka ragam. Jadi, pastikan Anda menyiapkan cukup anggaran dan perut kosong sebelum berkunjung ke Pasar Lama.

11. Suryakencana Bogor

Suryakencana Bogor
Foto: Oom jim/X

Jika Anda mulai bosan dengan Jakarta dan ingin mencari suasana baru, coba arahkan kendaraan Anda ke Bogor, tepatnya ke Suryakencana, yang sering menjadi destinasi wisata kuliner di Kota Hujan.

Di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lumpia basah yang terkenal. Selain itu, Anda juga bisa menikmati laksa Bogor, martabak arang, dan asinan yang khas dari Bogor. Suryakencana menawarkan berbagai pilihan kuliner yang siap memanjakan lidah Anda.

12. Alun-Alun Malang

Alun-Alun Malang
Foto: Kholis X/Google Maps

Jika Anda berencana berkunjung ke Malang, sempatkanlah untuk mampir ke Alun-Alun Malang, sebuah lokasi yang terkenal dengan aneka pilihan wisata kuliner. Di sini, Anda bisa menikmati beragam jenis makanan, mulai dari kuliner legendaris hingga yang kekinian.

Baca Juga:  Malioboro: Surga Belanja dan Kuliner yang Tak Tergantikan di Yogyakarta

Semua hidangan tersaji dengan rasa yang menggugah selera dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

13. Kawasan Pantai Padang

Kawasan Pantai Padang
Foto: Geovani Orlando/Google Maps

Di kawasan Pantai Padang, Anda bisa menemukan banyak kuliner legendaris khas Padang yang lezat. Salah satunya adalah pisang kapik, pisang yang dibakar di atas bara dan kemudian ditaburi dengan parutan kelapa serta gula merah cair yang menambah keunikan rasa.

Selain itu, ada juga karupuak leak, sejenis kerupuk yang disajikan bersama kuah sate dan topping bihun yang menambah kelezatan hidangan ini.

14. Alun-Alun Yogyakarta

Alun-Alun Yogyakarta
Foto: Subur Ireng/Google Maps

Berkunjung ke Alun-Alun Yogyakarta akan membuka kesempatan Anda untuk mencicipi berbagai jenis kuliner menarik. Anda bisa mencoba Soto Lenthok Pak Man, yang terkenal dengan perkedel kentangnya yang khas.

Tidak hanya itu, ada juga cilok Gajahan, camilan populer yang terbuat dari daging sapi lembut yang enak dan menggoda selera.

15. Kampung Wijilan Yogyakarta

Kampung Wijilan Yogyakarta
Foto: Gudeg Jeng Sulis/Instagram

Kampung Wijilan dikenal sebagai salah satu pusat kuliner gudeg terkenal di Yogyakarta, sering menjadi tujuan utama para wisatawan yang ingin merasakan kelezatan gudeg khas Yogyakarta.

Di kawasan ini, terdapat beberapa tempat makan gudeg yang legendaris dan telah lama berdiri, seperti Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Slamet, dan Gudeg Bu Lies.

Setiap tempat ini menawarkan ciri khas tersendiri dalam penyajian gudeg yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga mempertahankan keaslian rasa yang khas Yogyakarta.

Mengunjungi destinasi wisata kuliner di Indonesia bukan hanya tentang menikmati makanan lezat, tetapi juga tentang merasakan kebersamaan, kehangatan, dan keunikan budaya lokal.

Setiap gigitan makanan khas yang disajikan tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga memberikan ketenangan dan kebahagiaan.

Semoga daftar destinasi kuliner yang kami sajikan ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk merencanakan perjalanan kuliner yang penuh kenangan dan kelezatan, sekaligus menemukan ketenangan dan kesegaran baru dalam hidup Anda. Selamat menikmati petualangan kuliner yang menyembuhkan!